Mengurus Visa ke Vietnam

Selamat pagi…. Kali ini saya akan menuliskan secara detail bagaimana cara mengurus visa ke Vietnam untuk liburan selama 90 hari (single entry) dengan lengkap sesuai dengan pengalaman saya. Kebetulan saya saat ini masih berada di Vietnam, tepatnya di kota Ho Chi Minh (generasi muda disini lebih suka disebut kota Saigon sebenarnya), nanti kalau kamu sudah kesini dan mengunjungi Independence Palace dan berinteraksi dengan lokal pasti mengerti sebabnya.

Saya dan Sebastian memutuskan untuk ke Vietnam, setelah hampir menghabiskan jatah 90 hari di Thailand dengan visa turis. Jadi beberapa minggu sebelum visa turis kita di Thailand habis, kita memutuskan untuk mengurus visa turis ke Vietnam, tentu saja awal – awal browsing sana sini seputar berkas dan langkah apa saja yang diperlukan. Sebastian cari info dalam bahasa Jerman, saya cari info dalam bahasa Indonesia, dan kita cari juga dalam bahasa Inggris, semua ujung-ujungnya mengarahkan kita ke agen ilegal dengan biaya yang tidak murah ditambah lagi banyaknya website palsu mengatasnamakan Vietnam Embassy (gawat ini!) dan banyak juga peringatan dari sesama traveler untuk hati-hati banyak scam. Mayoritas para traveler ke Vietnam dengan bermodalkan VOA yang bervariasi dari 15 hari (Sebastian) dan 30 hari (Indonesia) nggak mungkin kita pakai opsi ini, nanti jadi LDR dong. Google punya Google ketemu alamat Vietnam Embassy di Bangkok lengkap dengan website dan nomor telepon (ada 3) yang bisa dihubungi. Senang sekali, langsung call dan tidak satupun dari nomor yang tertera diangkat padahal saya coba berkali – kali dan saat itu masih jam kerja. Okay, menunggu besok sudah tidak sabaran, saya langsung layangkan email ke Vietnam Embassy di Bangkok (vnemb.th@mofa.gov.vn) bertanya panjang lebar tentang detail yang diperlukan kalau mau apply visa 90 hari ke Vietnam, dibalas juga dalam 2 X 24 jam tapi kurang memuaskan dan tidak detail. Baiklah, dengan modal nekad setelah download aplikasi dari website dan mempersiapkan foto biometrik untuk visa, berangkatlah kita ke Bangkok keesokan harinya dari Pattaya (karena disini tidak ada Vietnam Embassy).

Dokumen yang perlu disiapkan:

  1. Foto Biometrik ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar
    (1 lembar langsung ditempel di formulir aplikasi dan 1 lembar lagi dilampirkan). Biasanya studio foto yang di pusat kota sudah mengerti ketentuan foto untuk pengajuan visa. FYI : tidak seketat untuk pengajuan Visa Schengen, karena saya dan Sebastian waktu itu foto di studio foto kecil di Pattaya (tidak profesional), karena foto saya habis di edit jadi putih, dan kertas untuk printnya juga tidak glossy seperti foto paper biasanya (aduh!)
  2. Mengisi Formulir Aplikasi Visa 
    formulir ini bisa didownload di website Vietnam Embassy . Isi formulir dengan lengkap (kalau saya lebih suka diketik tiap kali pengisian formulir resmi apapun) sehingga petugas lebih mudah bacanya (kalau mau tanya detail pengisian/bingung cara isinya, silahkan komentar, pasti saya bantu) 🙂
  3. Membawa Paspor 
    siapkan fotocopy 1 lembar buat jaga-jaga karena paspor kamu nantinya akan ditinggal sementara di Vietnam Embassy (maksimal 3 hari kerja) buat ditempelin visa. Pastikan masa berlaku paspor kalian minimal 6 bulan (kalau mau ajukan visa turis 90 hari)

Sudah itu saja, dokumen yang diperlukan memnag sedikit, nah sekarang masuk ke biaya pengurusan. Kalau baca di website Vietnam Embassy tentang consular fee biayanya berbeda dengan yang kami bayarkan (dalam hal ini saya berusaha berfikir positif), karena kalau kalian baca di website itu biaya per 23 November 2015 agak berbeda dan rancu, sementara saya ajukan aplikasi 9 Desember 2016.

Receipt dari Embassy

Biaya yang kita bayar untuk single entry visa (90 hari) sebesar 3.700 THB/orang (sekitar Rp1.400.00,- kurang lebih sesuaikan dengan kurs yang berlaku). Sebenarnya kita mau ajukan multiple entry visa, tapi setelah petugas cek kewarganegaraan kita di system mereka, kita cuma diberikan single entry visa (saat itu tidak kepikiran bertanya kenapa).

Pengajuan dokumen untuk aplikasi visa ini bisa kalian lakukan setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00-11.30 dan 14.00-16.00. Tenggat waktu yang dibutuhkan sampai kamu menerima paspor yang sudah ditempel dengan Vietnam visa adalah 3 hari kerja dengan waktu pengambilan pukul 16.00-17.00 (untuk detail bisa klik disini). Kalau di receipt yang tertera kita ambilnya di hari ke 5 karena saat itukita ajukan hari Jumat (Sabtu dan Minggu tidak dihitung *saya tadinya pikir dihitung jadi ambil hari Senin).

Visa Vietnam ditempel di paspor

Semoga penjelasan saya diatas cukup detail dan mudah dipahami, kalau ada pertanyaan silahkan kirim pesan langsung ataupun komentar, atau ada yang mau berbagi pengalam juga seputar pengurusan aplikasi visa ke Vietnam? silahkan berbagi disini. Sedikit tambahan, kalau di Thailand banyak sekali agen yang menjanjikan bisa mengurus visa ke Vietnam dengan cara mudah dan cepat, saran saya tidak usah dicoba deh, kalau mau traveling coba langsung ke Embassy negara yang kalian tuju, ataupun browsing dulu,  lebih mudah kok mengurus langsung dan terjamin keamanannya.

Embassy of the Socialist Republic of Vietnam in the Kingdom of Thailand
Alamat : 83/1 Wireless Road, Lumpini, Pathumwan, Bangkok 10330, Thailand
Telephone: +66 (0) 2 251 3552; +66 (0) 2 251 5838; +66 (0) 2 251 7202
Fax : +66 (0) 2 251 7201; +66 (0) 2 251 7203

*akhirnya saya berhasil menulis ini dengan detail, ini nulisnya 2 jam juga karena bongkar-bongkar berkas dan memori plus foto-foto, dari mulai duduk ngelantai sampai di tempat tidur. Well, berikutnya saya akan berbagi lagi tentang mengurus Visa Schengen ke Europe dan Visa ke Thailand masing – masing pengalaman 90 hari.

Have a good day, good people ♥

10 thoughts on “Mengurus Visa ke Vietnam

  1. Mau tanya kalau urus untuk warga negara iran di vietnam embassy indonesia dokumennya sama juga spti itu? Saya butuh info secepatnya karna senin sudah harus jalan. Mohon infonya terima kasih

  2. hi mbak inneke!
    saya Anita sinaga, pacar saya recomendasikan saya untuk kerja di vietnam bersama dia di bulan desember ini, tapi dia ty bagaimana cara untuk working visa ke vietnam!
    aduh jd bingung mbak gimana cara nya ya? mohon bantuannya donk!
    or please can u send text to my WA 082269072484

    1. Hallo Anita,
      Untuk working visa, saya tidak bisa memberikan jawaban yang akurat, karena saya dan suami menggunakan turis visa. Menurut pengalaman beberapa teman – teman expat disana, biasanya working visa diurus oleh perusahaan yang merekrut mereka bekerja setibanya di Vietnam.
      Tadi saya sempat Google, coba baca di link ini :
      https://adehp.wordpress.com/2008/12/05/kerja-diluar-negeri-gimana-ya/
      Semoga bisa membantu yah. Saran saya, kumpulkan dulu informasi sebanyak mungkin, hindari agen apalagi ke Vietnam (takutnya berujung penipuan). Sukses buat kamu. Thanks 🙂

  3. hi mbak inneke, ini anita lg yg nanya,
    maaf ya merepotkan!
    naah ketepatan work visa ini gak jadi mbak! jadi bf and saya gak mau LDR
    sedangkan proyek dia di Vietnam akan mulai di tahun ini, mmng hubungan kita itu the facto, dia dr Slovakia
    kira2 kalau saya mengajukan visa turis 3 bulan kira2 bisa gak ya mbak?
    krn kita gak mungkin jauh2an lagi, tolong ya mbak

    1. Dear Anita,
      saya baru sempat online…
      nggak apa kok, saya senang bisa membantu, nggak repotin sama sekali 🙂
      Nah kalo untuk turis visa 90 hari, pasti bisa karena sama seperti yang saya bahas di blog. Itu saya buat visa 90 hari (20 Januari 2017 –
      20 April 2017) dan mengurusnya di Embassy Vietnam yang di Bangkok, karena saat itu saya dan suami memang sedang di Thailand yah.
      Kalau di Indonesia bisa, tapi harus ke Jakarta.
      Ini coba di cek yah, Anita :

      Embassy of the Socialist Republic of Vietnam in Indonesia

      Jl. Teuku Umar. No 25, Jakarta Pusat, Jakarta
      Tel : 0062-21-3100358 – Consul : 0062-21-3158537
      Fax: 0062-21-3149615
      Email: jakarta@mofa.gov.vn or vietnamemb@yahoo.com
      Website: http://www.vietnamembassy-indonesia.org/

      Good luck buat kamu dan pasangan yah, tetap semangat.

  4. Hai Inneke,

    Secara tidak sengaja saya menemukan website Inneke. Saya berencana liburan ke Vietnam bersama anak-anak dan suami. Minta tolong tempat tempat mana saja yg lokasinya tidak terlalu berjauhan untuk ditempuh seandainya kami akan berlibur selama 4 minggu. 4 lokasi berbeda maksud saya, Inneke. Susah untuk cari info di google, lebih srek rasanya kalau tanya langsung kepada yg sudah travelling ke Vietnam.

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    Salam dari Stockholm

    1. Hallo Santy
      Terima kasih sudah singgah disini hehehe
      Boleh tahu anak-anak usia berapa?
      untuk 1 bulan sebenarnya cukup mengunjungi hampir seluruh wilayah Vietnam, kelemahannya tidak ada transportasi yang cepat seperti di Bangkok (sky train, metro dsb). Kalau via bus dan train mungkin terlalu capek dan hectic jika berlibur dengan anak kecil (tapi tergantung juga sih…). Tapi untuk dalam kota ada taksi dan ojek (grab juga) bahkan lebih praktis lg sewa sepeda motor atau mobil (mungkin bs jadi pertimbangan…tp traffic nya hehehe lebih parah dari Indonesia fun juga sih kita 3 bulan sewa sepeda motor).
      Btw, disini antara kota yang satu (spot yang satu) dan yang lain tidak dekat. Saran saya boleh mulai dari Hanoi ke Saigon (Ho Chi Minh) perlu diketahu Saigon cenderung lebih dingin kotanya dibandingkan Saigon…bahkan kadang bersalju.
      Saigon bisa explore kota dan tempat2 bersejarah (Cathedral, Independent Palace, Museum, Zoo and market), Vung Tao (beach), selanjutnya bisa ke Dalat (daerah pegunungan) , Danang (by plane trus lanjut ke Hoi An by bus…Hoi An bisa explore culture Indo China, Da Nang tahun 2017 sewaktu saya dan suami kesana masih tahap pembangunan yang unik cuma Dragon Bridge, pantainya juga kurang bagus menurut kita, but who knows now?). Selanjutnya bisa ke Hanoi terbang dari Danang (agak bolak-balik jadinya tp bisa dipertimbangkan krn Hoi An bagus), di Hanoi bisa explore kotanya (Hanoi dan Saiogon sangat berbeda mentality penduduknya sejarah mereka interesting banget). Selanjutnya dari Hanoi bisa ke Halong Bay cukup terkenal bisa stay beberapa hari disana ambil boat tour mungkin. Itu dia beberap spot yang memungkinkan untuk dikunjungi. Ada satu lagi…kita belum kesana tapi mungkin bisa dipertimbangkan karena bagus sekali cave, Son Doong Cave.
      Semoga sukses planning liburannya, Santy dan keluarga. Kalau ada pertanyaan lagi feel free to contact me

      Salam dari Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *