Mengurus Visa ke Jepang di Medan

Kamu wajib untuk cek website Konsulat Jendral Jepang di Medan sebelum mengurus visa turis ke Jepang di Medan supaya kalian tidak panik teman-teman 😛

Tidak terasa kurang lebih sudah 4 bulan yang lalu ke Jepang selama 30 hari. Sekarang saatnya membagikan tips dan trik mengurus visa ke Jepang di Medan. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang berencana traveling untuk durasi waktu panjang maupun pendek ke Jepang tahun ini atau mungkin tahun depan.

Berikut kita mulai langkah-langkah mengurus visa turis ke Jepang dari Medan :

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan, lebih aman 1 tahun untuk bepergian ke luar negeri. Cek lembaran paspor minimal tersisa 2 lembar. Siapkan juga copy nya untuk cadangan kalau-kalau diperlukan. Juga persiapkan kartu identitas (saya bawa kartu identitas Indonesia dan Jerman), akte kelahiran dan kartu keluarga masing – masing disertai dengan copy nya.
  2. Formulir permohonan visa yang sudah diisi lengkap bertanda tangan dan yang sudah ditempel dengan pas foto biometrik terbaru dengan latar belakang putih (tanpa di-edit) ukuran 45mm x 45mm (2in x 2in).
  3. Bukti pesanan tiket pesawat pulang dan pergi. Saya lampirkan tiket yang sudah dibeli karena memang sudah fix saat itu jadwal traveling dengan suami. Situasi saya saat itu traveling dari Korea Selatan (Busan) ke Jepang (Osaka) dan keluar dari Jepang (Tokyo) ke Kuala Lumpur otomatis semua tiket saya tunjukkan. Jadi kalau teman-teman cuma tunjukin dummy tiket, saya tidak bisa komentar bisa atau tidaknya.
  4. Jadwal perjalanan (itinerary list) lengkap dan detail sejak masuk hingga keluar dari Jepang. Menyusun jadwal ini cukup tricky yah, saat itu saya cuma menuliskan secara garis besar kota yang akan dikunjungi selama 30 hari yaitu Osaka, Hiroshima, Kyoto dan Tokyo sekitar 5 baris dari formulir yang saya isikan. Petugas cek semua dokumen saya, saat itu semua lengkap hanya saja itinerary list yang harus saya tulis ulang 30 baris (karena 30 hari) secara detail. Misalnya ke objek wisata/lokasi mana saja yang akan dikunjungi selama 30 hari tersebut, lengkap dengan lokasi akomodasi dan alat transportasi apa yang digunakan misalnya train/bus ketika pindah ke kota lainnya. Syukurnya saya datang pagi sekali jadi ada waktu untuk menulis sebelum kantor konsulatnya masuk jam istirahat. Setelah jam istirahat tidak dilayani penyerahan berkas, khusus untuk pengambilan visa saja. Saat itu adrenalin berpacu waktu menulis 30 baris sampai keringatan hahaha 😀

  5. Surat Keterangan Bekerja (saya tidak lampirkan). Saat itu saya berstatus sebagai ibu rumah tangga, jadi cuma melapirkan print out aktivitas isi tabungan 3 bulan terakhir. Saya menunjukkan bukti print out rekening saya di Jerman, karena bank saya online tidak ada tanda tangan petugas. Kalau di Indonesia kamu bisa minta surat referensi bank dan print out aktivitas tabungan ke bagian customer service (biasanya berbayar dan berbeda kebijakan tiap bank).
  6. Menyiapkan biaya permohonan visa sebesar Rp 380.000,- (untuk single entry) . Pembayaran hanya dalam tunai, karena itu persiapkan uang cash ketika mengajukan aplikasi visa dan pastikan sesuaikan dengan jenis visa yang kamu apply.

Selanjutnya setelah semua lengkap, kamu bisa mengurus Schengen visa dengan langsung datang ke kantor Konsulat Jendral Jepang di Medan dengan alamat berikut :

Konsulat Jenderal Jepang di Medan
Sinar Mas Land Plaza (Wisma BII) Lantai 5
Jl. P. Diponegoro No.18
Medan, 20152
Sumatera Utara
INDONESIA
Phone : +62-61-457-5193
Fax : +62-61-457-4560
E-Mail : konjen@mn.mofa.go.jp

dengan jadwal kerja Senin – Jumat pukul  8.30–12 WIB dan 13.30–16.30 WIB.  Datanglah lebih awal mencegah antrian yang panjang, perlu diketahui untuk waktu kerja siang hanya khusus untuk pengambilan visa. Oh iya, berdasarkan pengalamanku proses pembuatan visa Jepang ini cukup cepat sekali. Dalam 3-4 hari kerja sudah selesai. Pokoknya selama dokumen kamu lengkap semuanya terasa mudah dan cepat.

Satu hal yang menarik, kalau teman-teman baca dengan seksama dari atas saya mengajukan permohonan visa untuk 30 hari ke Jepang. Kalau dibandingkan dengan lembar visa saya tertulis “for stays of 90 days” hehehe…berasa dapat lotere yah? ada yang tahu kenapa? 😉

Penampakan Visa Jepang

Semoga tulisan kali ini bermanfaat buat teman-teman yang akan/sedang mengurus visa turis ke Jepang di Medan. Bagi yang mau tanya-tanya seputar traveling ke Jepang atau visa dan lainnya silahkan…monggo. Have a great day, everyone! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *